Rating KB Finansia Multi Finance Naik Menjadi AAA (idn); Outlook Stabil

PT Fitch Ratings Indonesia (“Fitch”) menaikkan Peringkat Nasional Jangka Panjang PT KB Finansia Multi Finance (“Perseroan") dan Obligasi I KB Finansia Multi Finance tahun 2022 (“Obligasi Perseroan”) yang beredar dari AA+(idn) menjadi AAA(idn) dengan outlook stabil.

Peringkat Nasional 'AAA' menunjukkan peringkat tertinggi yang diberikan oleh Fitch dalam skala Peringkat Nasional untuk negara tersebut. Peringkat ini diberikan kepada emiten atau obligasi dengan ekspektasi risiko gagal bayar yang paling rendah dibandingkan dengan semua emiten atau obligasi lain di negara atau serikat moneter yang sama.

Peningkatan tersebut mencerminkan peningkatan profil kredit induknya, KB Kookmin Card Co., Ltd. (KBC) serta adanya dukungan yang luar biasa dari KBC dan induk utama KB Financial Group Inc. (KBFG) terhadap Perseroan. Profil mandiri Perseroan mencerminkan pandangan Fitch tentang pertumbuhan bisnis Perseroan yang pesat, profitabilitas, dan akses pendanaan di atas rata-rata berkat dukungan induk Perseroan.

Piutang Pembiayaan Perseroan naik 38% yoy pada akhir Juni 2022 (industri: 6%). Laba sebelum pajak yang disetahunkan/aset rata-rata meningkat menjadi 3,0% pada 1H22 dari 2,6% pada 2021.
 
Dengan meningkatnya Peringkat Nasional Jangka Panjang dan Obligasi Perseroan menjadi AAA(idn), Perseroan berharap agar dapat terus bertumbuh, mendapatkan biaya pinjaman yang semakin rendah dan dapat menyalurkan pembiayaan kepada konsumen dengan suku bunga yang semakin kompetitif.

Kembali