4 Cara Membangun Reputasi Kredit Yang Baik

ID_CreditHistory

Setiap kreditur memiliki metode analisis dan perhitungan yang berbeda-beda untuk melihat kualitas debitur. Sehingga, tidak ada saran yang sesuai untuk semua kebutuhan. Kreditplus mencoba untuk merangkum dari berbagai sumber kredibel yang ada, hal yang perlu kamu lakukan untuk menjaga reputasi kredit kamu. Apa saja hal tersebut?

Jangan menunggak tagihan

slide2-new

Status kolektabilitas kredit nasabah terbagi menjadi lima, yaitu: Lancar, Dalam Perhatian Khusus, Kurang Lancar, Diragukan, dan Macet. Nasabah yang selalu membayar tagihan kredit dan bunganya secara disiplin mendapatkan skor tertinggi yaitu 1. Semakin lama nasabah menunggak (umumnya di atas 360 hari), maka semakin rendah skor kolektabilitasnya (mendekati 5).

Ambil jeda ketika permohonan kredit kamu ditolak

telapak-tangan-pria-lebar

Ada dua tips buat kamu yang selalu ditolak: Satu, Fokuslah melunasi utang-utang yang ada sebelum mengambil yang baru. Kedua, ajukanlah permohonan  kredit berlimit rendah terlebih dahulu. Hal ini bisa membantu untuk meningkatkan skor, dan memberikan indikasi positif kepada debitur bahwa kamu adalah debitur yang dapat dipercaya.

 

 

 

top